Proteksi Untuk Rakyat Indramayu

Sebagai bupati pilihan rakyat, Kang Yance selalu menanamkan dalam dirinya, rakyat akan tetap menjadi inspirasi dan spirit dalam setiap merencanakan dan sekaligus melaksanakan program pembangunan serta menjalankan pemerintahan maupun segala kebijakan.

Sejak ia memimpin Indramayu pada tahun 2000 hingga di akhir tugasnya, ia selalu terinspirasi bagaimana untuk memproteksi rakyatnya. Ia selalu mencari ide dan gagasan-gagasan baru untuk melindungi rakyatnya. Sekalipun ada kebijakan dari pemerintah pusat secara nasional untuk memproteksi rakyat akibat dampak dari krisis ekonomi. Yance tidak menerimanya mentah-mentah. Ia selalu melakukan inovasi, untuk melengkapi, menyempurnakan, dan mengkritisi dengan program-program konkrit yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat berdasarkan kearifan lokal yang ada didaerah nya.

Seperti ketika pemerintah menaikkan harga BBM pada tahun 2005 sampai dua kali, pemerintah pusat memang memberikan proteksi terhadap masyarakat miskin dengan memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Namun, sebagai seorang kepala daerah, ia merasakan BLT saja tentu tidaklah cukup untuk memproteksi warganya yang menjadi nelayan di sepanjang pantai Indramayu. BLT itu mungkin cocok untuk penduduk miskin yang bukan nelayan. Namun kalau nelayan yang harus menggunakan solar untuk melaut kiranya tidak memadai lagi BLT itu memproteksi mereka.

Berdasarkan pemikiran semacam itu, pada tahun 2006, digulirkan program bantuan solar bagi nelayan agar mereka bisa melaut, yang diambilkan dari dana APBD. Bantuan ini sangat mendasar, karena melaut merupakan mata pencaharian bagi nelayan Indramayu. Kebutuhan akan solar merupakan darah nadi perekonomian untuk melakukan penangkapan ikan di laut bebas. Program itu terus digencarkan pada tahun 2007, hingga nelayan yang semula sempat putus asa akibat kenaikan harga BBM yang cukup signifikan kembali bergairah untuk meningkatkan produksi ikannya.

Dalam memproteksi rakyat Indramayu, tak hanya dilakukan kepada para nelayan, tetapi juga berbagai komponen masyarakat, khususnya bagi penduduk miskin. Berbagai program digulirkan untuk melindungi penduduk miskin agar jangan sampai termarginalkan dalam prose pembangunan. Banyak terobosan yang dilakukan Yance dalam memproteksi penduduk miskin ini kemudian menjadI model baik di tingkat nasional maupun regional.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: