Kepemimpinan Yance Irianto di Indramayu

Dalam kepemimpinannya Yance Irianto di Indramayu mampu menguasai semua lini pemerintahan, hingga banyak lawan politiknya menyebutnya “otoriter”. Barangkali dalam sajarah kepemimpinan di Kabupaten Indramayu, belum ada pemimpin yang mampu menguasai lini kepemimpinan sebesar Yance.

Dalam kehebatannya, penguasaan lini kehidupan yang begitu luas justru terjadi pada era keterbukaan yang sulit ditandai dengan menguatnya masyarakat sipil. Ini sebuah prestasi yang sulit dicari bandingannya di era keterbukaan baik dalam skala nasional maupun regional. Sekalipun ia menguasai lini kepemimpinan, ia tidak pernah memaksa dan mengintervensi orang lain untuk mengikuti pendapatnya. Ia selalu membuka ruang dialog, kepada siapa saja bila terjadi perbedaan pendapat. Karena itu, tidak tepat kalau tokoh yang demokratis ini dikesankan otoriter oleh lawan-lawan politiknya.

Banyak julukan untuk menandai keberhasilan Yance itu merupakan refleksi terhadap legitimasi kepemimpinannya, yang tak hanya diukur dengan perolehan suara dalam Pilkada, tetapi juga oleh banyaknya julukan yang diberikan oleh masyarakat. Legitimasi kepemimpinan semacam itu tentu akan mempermudah berbagai langkah dan kebijakan Yance untuk membawa Indramayu dari “kegelapan” menuju situasi yang lebih “terang”, dari “ketertinggalan” menuju “kemajuan”, dan dari “kemiskinan” menuju “kemakmuran”. Keberhasilan dalam memimpin Indramayu bisa menjadi sebuah model dan bahan kajian yang menarik, baik secara mikro maupun makro pembangunan.(www.kangyance.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: