Upaya Pengembangan PPI & TPI di Kabupaten Indramayu

Keberadaan nelayan Indramayu yang begitu banyak dan tersebar di kecamatan-kecamatan disepanjang pesisir Indramayu sebagai pemasok kebutuhan ikan laut untuk Indramayu,Jawa Barat, atau bahkan sampai Jakarta musti diberikan perhatian khusus. Besarnya hasil laut yang dihasilkan nelayan-nelayan tersebut mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) dan mampu meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya wilayah pesisir Indramayu.

Untuk itu guna menunjang berbagai aktivitas kegiatan perikanan tangkap, perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendukung kegiatan tersebut seperti pembangunan sejumlah PPI dan TPI. Pembangunan TPI dan PPI tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit dan tentu harus dilakukan secara bertahap dengan prioritas serta kerkesinambungan.

Dari hasil usaha pengembangan PPI maupun TPI tersebut setidaknya Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Yance Irianto, Bupati Indramayu saat itu berhasil membangun TPI Eretan Wetan dan Tegalagung serta merevitalisasi beberapa TPI seperti TPI Singaraja, Majakerta, Tegalagung.

Kegiatan ini terus berlanjut, dimana eskalasinya semakin luas dan menyentuh permasalahan mendasar yang dihadapi oleh PPI. Seperti pada 2008 dilakukan penyempurnaan jembatan di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu; pembangunan jetty pengarah arus sungai Sigendang (104 m); pembangunan ruang parker PPI Gayem (152 m); rahabilitasi TPI Majakerta (186 m); pembangunan ruang pengepakan dan MCK PPI Karangsong (150 m); dan pembangunan TPI dan kantor KUD di PPI Sukahaji (72 m). Kegiatan yang cukup signifikan untuk merevitalisasi pelabuhan dilakukan di PPI Karangsong, yaitu dengan membangun kolam labuh dan pengadaan tongkang kapal keruk, jembatan bergerak, dan tempat sandar perahu nelayan (2006).

Untuk melengkapi pembangunan PPI ini, juga dilakukan pengerukan alur lalu lintas perahu/kapal pada muara sungai. Hal ini dilakukan karena sedimentasi sungai dan muara-muara di lokasi PPI dan TPI semakin tinggi dan lingkungan pesisir yang semakin kompleks. Pengerukan ini dilaksanakan hampir setiap tahun untuk menjamin para nelayan bisa melakukan pendaratan yang cepat dan tepat, agar hasil tangkapan bisa dipasarkan di tempat pelelangan ikan yang umumnya berdekatan dengan pangkalan pendaratan ikan. Dengan keberadaan PPI tersebut tak hanya kapal/perahu nelayan Indramayu yang berlabuh di sana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh disana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh dan melelangkan hasil tangkapannya di Indramayu

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: