Pentingnya Pengembangan UMKM di Indramayu

UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. UMKM yang tersebar di Indramayu juga tak lepas dari perhatian Yance Irianto, Bupati Indramayu 2000-2010, hal itu karena menurut pemikiran Yance, para pelaku usaha kecil ini telah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian di Indramayu. Bahkan tidak sedikit dari produk usaha mikro dan kecil di Indramayu menjadi unggulan di daerah lain. Produk seperti Kerupuk Udang desa Sindang, Blok Dukuh Indramayu justru menjadi produk unggulan di Cirebon dan Sidoarjo. Banyak masyarakat di Jawa lebih mengenal kerupuk Cirebon dan Sidoardjo, di banding kerupuk Indramayu.

Selain itu UMKM Indramayu yang berbasis produk perikanan cepat berkembang, hal ini selain didukung oleh sumber daya alam, juga di dukung oleh program Pemkab Indramayu maupun pemerintah provinsi dan pusat dalam bentuk bantuan mesin dan peralatan, pelatihan teknologi industri maupun promosi dari pasar uang berjangka. Perlu disadari bahwa untuk tetap meningkatkan mutu dari suatu produk UMKM perlu terus dilakukan peningkatan keterampilan di kalangan UMKM, juga di laksanakan pendidikan dan pelatihan dan bantuan modal kepada para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Indramayu.

Kemampuan daya saing UMKM Indramayu, dapat ditingkatkan dengan peningkatan kualitas hasil produksi yang dihasilkan oleh pelaku UMKM memangkas ongkos distribusi, peningkatan infrastruktur serta promosi produk yang dihasilkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: