Pemuda Mandiri Indramayu

Dewasa ini salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia adalah persoalan pengangguran. Jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan ketersediaan lapangan pekerjaan telah mengakibatkan sebagian dari kita tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Di antara kelompok masyarakat yang belum memiliki penghasilan tetap akibat keterbatasan lapangan kerja adalah kaum muda, masalah seperti ini juga sangat mendominasi di Kabupaten Indramayu, Jabar, tingginya tingkat pengangguran di Indramayu tersebut membuat Pemerintah Daerah Kab Indramayu dibawah kepemimpinan H. Irianto MS Syafiuddin (Kang Yance) melakukan berbagai langkah konkrit untuk mengatasi permasalahan tersebut

Sebagai mantan pengusaha sekaligus Katua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kang Yance selalu berusaha untuk mengembangkan entrepreneurship dikalangan kaum muda. Salahsatu strategi beliau adalah melalui penciptaan program pendidikan kewirausahaan bagi pemuda guna memberikan kesempatan belajar kepada mereka agar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Namun, perlu disadari pula bahwa pemerintah agaknya tidak mampu melakukan hal itu sendiri mengingat segala keterbatasan pendanaan yang dimiliki oleh pemerintah. Karena itu, dibutuhkan kontribusi dan peran pihak-pihak lain untuk mewujudkan hal itu.

Dalam pengembangan kewirausahaan ini, ia berharap semakin banyak kaum muda terjun menjadi pengusaha kecil, menengah, dan koperasi, hingga memiliki kompetisi, kemandirian dan profesionalisme agar menjadi lebih kreatif, inovatif, produktif dan berdaya saing global. Pengembangan kewirausahaan pemuda harus berorientasi global dengan memperhatikan kompetensi dan produk unggulan di setiap daerah.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: