KB dan kesejahteraan penduduk

Pertumbuhan penduduk Kabupaten Indramayu perlu dibarengi dengan pertumbuhan sektor-sektor lain seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sektor yang terkait lainnya. Namun keterbatasan yang dimiliki menyebabkan seringkali pertumbuhan penduduk dan laju pembangunan disektor lain menjadi tidak seimbang.

Ketidakseimbangan ini pada akhirnya menimbulkan ketimpangan dan masalah baru yang tidak hanya berdampak buruk bagi masyarakat, tapi juga bagi pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan. Dampak ketidakseimbangan ini salah satunya dapat dilihat melalui indeks pembangunan manusia (IPM) yang nilainya di bawah rata-rata atau sulit untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Disinilah butuh peran KB untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak dan keluarga serta masyarakat pada umumnya, dengan berhasilnya pelaksanaan KB diharapkan angka kelahiran dapat diturunkan sehingga tingkat kecepatan perkembangan penduduk tidak melebihi kenaikan produksi, dengan demikian taraf hidup dan kesejahteraan rakyat akan alebih meningkat.

Melalui peran KB yang terus ditingkatkan dalam masa kepemimpinan Kang Yance (2000-2010), tingkat kesertaan ber-KB di Kabupaten Indramayu dari tahun ke tahun menunjukkan kecenderungan meningkat baik secara relatif maupun jumlah nyata. Jumlah akseptor pada tahun 2001 mencapai 216.622 pasangan dari pasangan usia subur sebanyak 316.349 orang, pada tahun 2007 telah meningkat menjadi peserta KB aktif sebanyak 290.311 (78,34%) dari pasangan usia subur 370.591 pasangan.

Untuk mendorong Program Keluarga Berencana Pemkab Indramayu terus memberikan dukungan dalam promosi, penyuluhan dan sosialisasi KB; Kesehatan Reproduksi Remaja; Pelayanan Kontrasepsi; Pembinaan peran serta masyarakat dalam pelayanan KB; Pengembangan Pusat Pelayanan Informasi dan Konseling KRR; Pengembangan Badan informasi tentang Pengasuh dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak; serta berbagai program lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: