Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari dibangun sejak tahun 1991 dan diresmikan pada tanggal 14 Oktober 1995 oleh Alm. Ibu Tien Soeharto sebagai tempat pengembangan pertanian dan pariwisata. Taman seluas 264 hektar ini merupakan salah satu pusat pertanian keanekaragaman hayati buah-buahan tropis terbesar di dunia. Taman Wisata Mekarsari memiliki program 4 si yaitu : KonservasiReboisasiEdukasi, dan Rekreasi dalam setiap aspek kegiatannya, mulai dari pelatihan, event tahunan hingga paket wisata.

Taman Wisata Mekarsari memiliki pola taman berbentuk daun Lamtoro Gung. Lamtoro Gung menjadi icon utama karena tanaman tersebut merupakan symbol tanaman serbaguna, mulai dari akar, daun, bunga hingga buah. Besar harapan kami bahwa Taman Wisata Mekarsari akan selalu bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat sekitar namun masyarakat luas seperti tanaman Lamtoro Gung.

Hal yang paling identik dengan Taman Wisata Mekarsari adalah koleksi tanaman-tanaman buah tropisnya yang terlengkap di dunia, yaitu : lebih dari 100.000 jenis tanaman buah yang terdiri atas 78 spesies dan 1472 varietas. Melalui beberapa paket wisatanya, para pengunjung berkesempatan meninjau langsung kebun-kebun buah seperti Salak, Belimbing, Abiu, Lengkeng dan lain sebagainya. Bahkan dilokasi green house Melon, para pengunjung dapat langsung merasakan sensasi memetik melon dari pohonnya. Pengunjung juga dapat melihat buah yang jarang ditemui, contohnya Nangkadak, Sawo Raksasa, Biriba dan masih banyak lainnya. Untuk akomodasi, Taman Wisata Mekarsari menyediakan fasilitas menginap di Rumah Pohon Leo dan The Cabin (Hotel Container).

Di Mekarsari sendiri terdapat begitu banyak atraksi wisata seperti Family Garden dimana keluarga bisa belajar menanam padi, memancing, petik sayur, dan mengunjungi Baby Zoo. Tidak jauh dari lokasi Family Garden terdapat sebuah Kanal yang menghubungkan antara Danau Wiratama dan Danau Mekarsari dan dapat dilayari oleh perahu-perahu naga yang nyaman. Di ujung kanal kita dapat menemui lokasi permainan ketangkasan Outbound yang dapat melayani pengunjung secara grup maupun regular. Tepat berhadapan dengan lokasi Outbound terdapat danau Mekarsari yang total luasnya mencapai 27,5 hektar. Di area danau ini pun terdapat berbagai macam permainan air yang sangat menarik, mulai dari Floating DonutCanoeingBanana Boat, Bebek Air, Kayak, Water Bike dan lainnya.

Selain atraksi-atraksi tersebut, Taman Wisata Mekarsari juga meluncurkan paket Family Tour seperti Greenland TourPaddy Legend TourSmart Cultivation TourTropical Tour (sumber: http://www.mekarsari.com )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: