Nelayan Bergantung Solar

Kenaikan harga BBM sangat memukul ekonomi masyarakat nelayan Indramayu. Mengapa? Karena nelayan memiliki kebergantungan yang sangat tinggi terhadap BBM dan faktor ini pula yang menyumbang angka kemiskinan yang tinggi di wilayah pesisir Indramayu.

Menjadi pertanyaan mengapa pemerintah sangat percaya diri bahwa dengan menaikkan harga BBM nelayan akan sejahtera atau tidak miskin. Apalagi, ada rencana pemberian bantuan langsung tunai hanya selama sembilan bulan.Apakah kompensasi BBM berupa BLT selama sembilan bulan sudah menjamin nelayan akan sejahtera atau minimal tidak miskin lagi pasca kenaikan harga BBM? Keputusan pemerintah ini sungguh membingungkan.

Ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi seperti pengembangan infrastruktur yang dapat menjamin ketersediaan pasokan BBM dalam jumlah dan harga sesuai dengan harga resmi pemerintah serta akses yang mudah dijangkau oleh nelayan serta upaya penggunaan teknologi tangkap ramah lingkungan mendesak untuk dikembangkan. Penggunaan alat tangkap hemat BBM seperti alat tangkap yang menetap secara massal dan tidak menggunakan BBM, dan pemanfaatan biofuel seperti penggalakan pemanfaatan rumput laut sebagai bahan baku pembuatan etanol, serta mengupayakan mengonversi bahan bakar solar ke BBG sebagai alternatif dari kenaikan harga solar.

Namun solusi-solusi diatas juga tidak akan berhasil tanpa disertai dengan tindakan yang nyata dari pemerintah, diperlukan sosialisasi dalam pelaksanaannya. Kenaikan harga BBM yang mendadak jelas akan mematikan mata pencaharian nelayan. Nah… disini peran pemerintah penting untuk sesegara mungkin melakukan upaya bentuk-bentuk konversi BBM sebagai bagian dari penghematan dan jalan keluar dari ketergantungan nelayan terhadap solar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: