Tugas dan Tanggung Jawab Polisi Pamong Praja

Tugas dan tanggung jawab Polisi Pamong Praja di dalam mengamankan program-program pemerintah, khususnya dalam penegakan peraturan daerah sangat diperlukan, sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja di dalam struktur pemerintahan daerah dalam mendukung suksesnya pelaksanaan program pemerintah. Meskipun dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Satuan Polisi Pamong Praja dalam menghadapi permasalahan dan tantangan klasik yaitu : opini masyarakat yang negative, Sumber Daya Manusia yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan pemberitaan pers yang tidak seimbang. Sebagai jajaran aparatur pemerintah yang tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja menghadapi persoalan yang rawan terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), seperti halnya pada waktu melaksanakan penertiban, petugas berhadapan dengan massa yang menolak untuk di tertibkan, akibatnya petugas sering dihadapkan dengan tindakan kekerasan yang berujung pada pelanggaran HAM yang berdampak juga pada berlakunya penyelenggaraan pemerintahan dan ketentraman masyarakat.

Terkait dengan permasalahan tersebut, guna kelancaran jalannya pemerintahan dan terlaksananya kentetraman dan ketertiban, maka bagian dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja, diminta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan; mencegah terjadinya pelanggaran HAM dalam melaksanakan operasionalnya; menjunjung tinggi norma hokum, norma agama, HAM dan norma lainnya yang hidup dan berkembang di dalam masyarakat.

Satuan Polisi Pamong Praja diharapkan mampu menghadapi, mengayomi, dan melayani masyarakat tidak dengan cara yang kasar, seperti memaksa, mengancam dan menggunakan kekerasan, tetapi melalui cara-cara persuasive, simpatik dan edukatif, sehingga sedapat mungkin dihindari penggunaan kekerasan yang menimbulkan kontra produkstif di masyarakat. Untuk itu dalam pelaksanaan tugas Satuan Polisi Pamong Praja di landasi pertimbangan-pertimbangan berbagai aspek baik itu aspek perencanaan, aspek organisasi, aspek pelaksanaan, aspek HAM, aspek pelaporan dan rekrutmen SDM Satuan Polisi Pamong Praja yang di sesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Ini penting bagi Satuan Polisi Pamong Praja dalam meningkatkan citra, kewibawaan dan kinerja yang dituntut dari Satuan Polisi Pamong Praja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: