Kemiskinan di Indramayu

Indramayu dulu merupakan sebuah potret kemiskinan di Jawa Barat, dimana tingkat kemiskinan warganya begitu besar, hal tersebut diakibatkan oleh tidak produktifnya masyarakat, kultur masyarakat Indramayu yang cenderung konsumtif dan tingkat pendidikan yang rendah. Ini menjadi perhatian serius H. Irianto MS Syafiddin atau akrab disapa Kang Yance, Bupati Indramayu saat itu. Untuk menyikapi hal tersebut berbagai program dijalankan Kang Yance untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi.

Beberapa langkah yang ditempuh Kang Yance untuk mengurangi tingkat kemiskinan diantaranya adalah dengan menentukan arah kebijakan yang berorientasi pada pemihakan dan percepatan pengentasan kemiskinan dengan sasaran; menurunnya penduduk miskin Indramayu,a terpenuhinya kebutuhan pangan bagi keluarga miskin serta peningkatan kesehatan dasar bagi keluarga miskin.

Dari kebijakan tersebut, implementasi pemberantasan kemiskinan di Indramayu secara terpadu, dengan memperluas akses penduduk miskin mendapatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan. Perluasan akses pendidikan bagi penduduk miskin ini diintergrasikan dengan reformasi pendidikan yang ada di Indramayu. Dalam reformasi pendidikan ini Kang Yance merombak secara subtansial sistem pendidikan yang ada di Kabupaten Indramayu.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: